EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENGATASI KECEMASAN SISWA MENGIKUTI UJIAN SEMESTER DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh kecemasan siswa mengikuti ujian semester. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen the one group pre test dan post test design. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatsi perilaku cemas siswa. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa SMA Negeri 12 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan populasi sebanyak 195 siswa. Jumlah subjek penelitian sebanyak 35 orang siswa yang merupakan penelitian sampel dengan mengambil sebagian dari populasi sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan adalah skala Likert. Uji validitas menggunakan SPSS For Windows Release 16.00. Adapun untuk analisis data, peneliti menggunakan uji paired sample t test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemahaman siswa mengatasi kecemasan sebelum diberikan layanan konseling kelompok berada dikategori sedang dengan rata-rata 73.82 dan setelah diberikan layanan konseling kelompok untuk mengatasi perilaku cemas siswa pmengalami peningkatan menjadi kategori tinggi dengan rata- rata 100,14, maka dapat dikatakan adanya perbedaan pre test dan post test. Jadi dapat disimpulkan layanan konseling kelompok efektif untuk mengatasi kecemasan siswa mengikuti mengikuti ujian semester yang dilihat dari hasil analisis data bahwa thitung > ttabel , 6.112> 2.04 sehingga Ho ditolak. Kata Kunci: Efektivitas, Layanan Konseling Kelompok, Mengatasi Kecemasan