PELAKSANAAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 TAMBANG
ctrlnum |
19384 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/19384/</relation><title>PELAKSANAAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 TAMBANG</title><creator>MAMAN SURYAMAN, </creator><subject>370 Pendidikan</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan layanan penguasaan 
konten di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tambang sudah dilakukan namun
siswa kurang terampil dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pelaksanaan layanan penguasaan konten untuk meningkatkan
keterampilan belajar, dan untuk mengetahui seberapa tinggi keterampilan belajar
siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik
pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan penguasaan konten untuk
meningkatkan keterampilan belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2
Tambang bahwa (1) guru bimbingan konseling menetapkan subyek terlebih
dahulu berdasarkan dari lokal mana yang harus segera mendapatkan layanan
konten, sehingga di kelas yang terdapat permasalahan belajar seperti yang
biasanya yang kurang memahami lenih diutamakan dalam pemberian layanan. (2)
guru bimbingan konseling menyiapkan konten yang akan dipelajari secara rinci
untuk meningkatkan keterampilan deangan cara memberikan materi motivasi
siswa seperti pentingnya keterampilan belajar. (3) guru bimbingan konseling
menetapkan langkah-langkah terlebih dahulu sebelum melaksanakan layanan
penguasaan konten untuk meningkatkan keterampilan belajar siswa yang pertama
beliau samapaikan materi yang menarik sehingga siswa dapat memahami materi
yang di sampaikan oleh guru. (4) guru bimbingan konseling memeberikan
pemahaman memberikan pemahaman tentang keterampilan belajar untuk
menunjang aktivitas belajar siswa beliau memberikan sugesti atau motivasi
kepada siswa agar aktivitas belajar siswa penuh dengan semangat dan sungguhsungguh

dalam menjalani proses pembelajaran. (5) guru bimbingan konseling
menanamkan penting sikap belajar yang baik dalam proses pembelajaran biasanya
beliau memberika materi seperti pentingnya sikap saling menghargai.

Kata kunci: Layanan Penguasaan Konten, Keterampilan Belajar</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/19384/1/1.%20COVER_2017993KI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/19384/2/2.%20PENGESAHAN_2017993KI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/19384/3/3.%20ABSTRAK_2017993KI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/19384/4/4.%20PENGHARGAAN_2017993KI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/19384/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2017993KI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/19384/6/6.%20BAB%20I_2017993KI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/19384/7/7.%20BAB%20II_2017993KI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/19384/8/8.%20BAB%20III_2017993KI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/19384/9/9.%20BAB%20IV_2017993KI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/19384/10/10.%20BAB%20V_2017993KI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/19384/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2017993KI.pdf</identifier><identifier> MAMAN SURYAMAN, (2017) PELAKSANAAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 TAMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>19384</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
MAMAN SURYAMAN, |
title |
PELAKSANAAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 TAMBANG |
publishDate |
2017 |
topic |
370 Pendidikan |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/19384/1/1.%20COVER_2017993KI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/19384/2/2.%20PENGESAHAN_2017993KI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/19384/3/3.%20ABSTRAK_2017993KI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/19384/4/4.%20PENGHARGAAN_2017993KI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/19384/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2017993KI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/19384/6/6.%20BAB%20I_2017993KI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/19384/7/7.%20BAB%20II_2017993KI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/19384/8/8.%20BAB%20III_2017993KI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/19384/9/9.%20BAB%20IV_2017993KI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/19384/10/10.%20BAB%20V_2017993KI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/19384/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2017993KI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/19384/ |
contents |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan layanan penguasaan
konten di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tambang sudah dilakukan namun
siswa kurang terampil dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pelaksanaan layanan penguasaan konten untuk meningkatkan
keterampilan belajar, dan untuk mengetahui seberapa tinggi keterampilan belajar
siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik
pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan penguasaan konten untuk
meningkatkan keterampilan belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2
Tambang bahwa (1) guru bimbingan konseling menetapkan subyek terlebih
dahulu berdasarkan dari lokal mana yang harus segera mendapatkan layanan
konten, sehingga di kelas yang terdapat permasalahan belajar seperti yang
biasanya yang kurang memahami lenih diutamakan dalam pemberian layanan. (2)
guru bimbingan konseling menyiapkan konten yang akan dipelajari secara rinci
untuk meningkatkan keterampilan deangan cara memberikan materi motivasi
siswa seperti pentingnya keterampilan belajar. (3) guru bimbingan konseling
menetapkan langkah-langkah terlebih dahulu sebelum melaksanakan layanan
penguasaan konten untuk meningkatkan keterampilan belajar siswa yang pertama
beliau samapaikan materi yang menarik sehingga siswa dapat memahami materi
yang di sampaikan oleh guru. (4) guru bimbingan konseling memeberikan
pemahaman memberikan pemahaman tentang keterampilan belajar untuk
menunjang aktivitas belajar siswa beliau memberikan sugesti atau motivasi
kepada siswa agar aktivitas belajar siswa penuh dengan semangat dan sungguhsungguh
dalam menjalani proses pembelajaran. (5) guru bimbingan konseling
menanamkan penting sikap belajar yang baik dalam proses pembelajaran biasanya
beliau memberika materi seperti pentingnya sikap saling menghargai.
Kata kunci: Layanan Penguasaan Konten, Keterampilan Belajar |
id |
IOS7815.19384 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-09-10T18:45:34Z |
last_indexed |
2019-09-10T18:45:34Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674822036280573952 |
score |
17.538404 |