ctrlnum 19384
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/19384/</relation><title>PELAKSANAAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 TAMBANG</title><creator>MAMAN SURYAMAN, </creator><subject>370 Pendidikan</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan layanan penguasaan &#xD; konten di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tambang sudah dilakukan namun&#xD; siswa kurang terampil dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk&#xD; mengetahui pelaksanaan layanan penguasaan konten untuk meningkatkan&#xD; keterampilan belajar, dan untuk mengetahui seberapa tinggi keterampilan belajar&#xD; siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik&#xD; pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil&#xD; penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan penguasaan konten untuk&#xD; meningkatkan keterampilan belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2&#xD; Tambang bahwa (1) guru bimbingan konseling menetapkan subyek terlebih&#xD; dahulu berdasarkan dari lokal mana yang harus segera mendapatkan layanan&#xD; konten, sehingga di kelas yang terdapat permasalahan belajar seperti yang&#xD; biasanya yang kurang memahami lenih diutamakan dalam pemberian layanan. (2)&#xD; guru bimbingan konseling menyiapkan konten yang akan dipelajari secara rinci&#xD; untuk meningkatkan keterampilan deangan cara memberikan materi motivasi&#xD; siswa seperti pentingnya keterampilan belajar. (3) guru bimbingan konseling&#xD; menetapkan langkah-langkah terlebih dahulu sebelum melaksanakan layanan&#xD; penguasaan konten untuk meningkatkan keterampilan belajar siswa yang pertama&#xD; beliau samapaikan materi yang menarik sehingga siswa dapat memahami materi&#xD; yang di sampaikan oleh guru. (4) guru bimbingan konseling memeberikan&#xD; pemahaman memberikan pemahaman tentang keterampilan belajar untuk&#xD; menunjang aktivitas belajar siswa beliau memberikan sugesti atau motivasi&#xD; kepada siswa agar aktivitas belajar siswa penuh dengan semangat dan sungguhsungguh&#xD; &#xD; dalam menjalani proses pembelajaran. (5) guru bimbingan konseling&#xD; menanamkan penting sikap belajar yang baik dalam proses pembelajaran biasanya&#xD; beliau memberika materi seperti pentingnya sikap saling menghargai.&#xD; &#xD; Kata kunci: Layanan Penguasaan Konten, Keterampilan Belajar</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/19384/1/1.%20COVER_2017993KI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/19384/2/2.%20PENGESAHAN_2017993KI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/19384/3/3.%20ABSTRAK_2017993KI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/19384/4/4.%20PENGHARGAAN_2017993KI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/19384/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2017993KI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/19384/6/6.%20BAB%20I_2017993KI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/19384/7/7.%20BAB%20II_2017993KI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/19384/8/8.%20BAB%20III_2017993KI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/19384/9/9.%20BAB%20IV_2017993KI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/19384/10/10.%20BAB%20V_2017993KI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/19384/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2017993KI.pdf</identifier><identifier> MAMAN SURYAMAN, (2017) PELAKSANAAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 TAMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>19384</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author MAMAN SURYAMAN,
title PELAKSANAAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 TAMBANG
publishDate 2017
topic 370 Pendidikan
url http://repository.uin-suska.ac.id/19384/1/1.%20COVER_2017993KI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/19384/2/2.%20PENGESAHAN_2017993KI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/19384/3/3.%20ABSTRAK_2017993KI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/19384/4/4.%20PENGHARGAAN_2017993KI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/19384/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2017993KI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/19384/6/6.%20BAB%20I_2017993KI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/19384/7/7.%20BAB%20II_2017993KI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/19384/8/8.%20BAB%20III_2017993KI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/19384/9/9.%20BAB%20IV_2017993KI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/19384/10/10.%20BAB%20V_2017993KI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/19384/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2017993KI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/19384/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan layanan penguasaan konten di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tambang sudah dilakukan namun siswa kurang terampil dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan layanan penguasaan konten untuk meningkatkan keterampilan belajar, dan untuk mengetahui seberapa tinggi keterampilan belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan penguasaan konten untuk meningkatkan keterampilan belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tambang bahwa (1) guru bimbingan konseling menetapkan subyek terlebih dahulu berdasarkan dari lokal mana yang harus segera mendapatkan layanan konten, sehingga di kelas yang terdapat permasalahan belajar seperti yang biasanya yang kurang memahami lenih diutamakan dalam pemberian layanan. (2) guru bimbingan konseling menyiapkan konten yang akan dipelajari secara rinci untuk meningkatkan keterampilan deangan cara memberikan materi motivasi siswa seperti pentingnya keterampilan belajar. (3) guru bimbingan konseling menetapkan langkah-langkah terlebih dahulu sebelum melaksanakan layanan penguasaan konten untuk meningkatkan keterampilan belajar siswa yang pertama beliau samapaikan materi yang menarik sehingga siswa dapat memahami materi yang di sampaikan oleh guru. (4) guru bimbingan konseling memeberikan pemahaman memberikan pemahaman tentang keterampilan belajar untuk menunjang aktivitas belajar siswa beliau memberikan sugesti atau motivasi kepada siswa agar aktivitas belajar siswa penuh dengan semangat dan sungguhsungguh dalam menjalani proses pembelajaran. (5) guru bimbingan konseling menanamkan penting sikap belajar yang baik dalam proses pembelajaran biasanya beliau memberika materi seperti pentingnya sikap saling menghargai. Kata kunci: Layanan Penguasaan Konten, Keterampilan Belajar
id IOS7815.19384
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-09-10T18:45:34Z
last_indexed 2019-09-10T18:45:34Z
recordtype dc
_version_ 1674822036280573952
score 17.538404