Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Upaya guru bimbingan konseling meningkatkan rasa percaya diri siswa, dan (2) faktor yang yang mempengaruhi upaya guru bimbingan konseling dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa di sekolah menengah atas negeri 12 pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif subjek penelitian ini adalah guru bimbingan konseling dan siswa siswi di SMAN 12 Pekanbaru, sedangkan objek penelitian ini adalah upaya guru bimbingan konseling meningkatkan rasa percaya diri siswa di SMAN 12 Pekanbaru dan faktor yang mempenaruhi guru bimbingan konseling meningkatkan rasa percaya diri. Informan utama dalam penelitian ini adalah 3 orang guru bimbingan konseling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Data hasil wawancara dan dokumentasi di analisis secara naratif yaitu mempaparkan apa adanya hasil wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru bimbingan konseling dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa di SMAN 12 yaitu: (1) guru bimbingan konseling sudah melaksanakan layanan konseling individual dan layanan informasi (2) guru bimbingan konseling memotivasi siswa supaya selalu percaya diri (3) guru bimbingan konseling bekerja sama dengan guru mata pelajaran dan wali kelas dalam hal memberikan informasi yang berkaitan dengan siswa. Sedangkan faktor yang mempengaruhi upaya guru bimbingan konseling meningkatkan rasa percaya diri antara lain (1) latar belakang pendidikan guru bimbingan konseling dari serjana pendidikan bimbingan konseling (2) waktu yang di berikan untuk guru bimbingan konseling melaksanakan layanan hanya satu kali dalam satu minggu (3) Sarana dan prasarana bimbingan konseling mendukung proses upaya guru bimbingan konseling(4) Upaya yang di lakukan guru bimbingan konseling mendapat tanggapan Positif dari pihak sekolah dan kepala sekolah. Kata kunci: upaya guru bimbingan konseling, percaya diri