UPAYA GURU EKONOMI MENANAMKAN KARAKTER RASA INGIN TAHU SISWA PADA MATERI PERMINTAAN DAN PENAWARAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini terdiri dari satu variabel yang merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya upaya guru dalam menanamkan nilai karakter rasa ingin tahu siswa pada materi permintaan dan penawaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat upaya guru ekonomi menanamkan nilai karakter rasa ingin tahu siswa pada mater permintaan dan penawaran di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran ekonomi kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru, sedangkan objek penelitian ini adalah upaya guru ekonomi menanamkan nilai karakter rasa ingin tahu siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa upaya guru ekonomi menanamkan nilai karakter rasa ingin tahu siswa pada materi permintaan dan penawaran tergolong “Baik”. Adapun beberapa upaya guru ekonomi menanamkan nilai karakter rasa ingin tahu siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru berdasarkan wawancara yang telah penulis lakukan adalah: Mengaitkan materi ke realita kehidupan sehari-hari yang relevan terhadap materi permintaan dan penawaran, Menggunakan metode belajar yang menarik yang berbeda dari biasanya, dan Menggunakan video-video yang berhubungan dengan materi permintaan dan penawaran. Kata Kunci : Upaya Guru, Rasa Ingin Tahu