Daftar Isi:
  • Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu pola asuh orangtua (variabel X)dan kemandirian belajar siswa (variabel Y). Berangkat dari permasalahan dengan rumusan masalah, bagaimana pola asuh orangtua pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam?, bagaimana kemandirian belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam?, dan apakah terdapat pengaruh yang signitifikan antara pola asuh orangtua terhadap kemandirian belajar siswa?. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pola asuh orangtua terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 XIII Koto Kampar.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan Kelas VIIISekolah Menengah Pertama Negeri 2 XIII Koto Kampar dengan objek penelitian adalah pengaruh pola asuh orangtua terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 XIII Koto Kampar.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII dan VIIISMPN 2 XIII Koto Kampar yang berjumlah 132 sample terdiri dari 35 siswa dari sebagian siswa kelas VII dan VIII terdiri dari 5 kelas diambil 25% siswa dengan teknik pengumpulan sampel adalah total sampling.Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang di gunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis di peroleh bahwa pola asuh orangtua pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 XIII Koto Kampartergolong baik dengan persentase 77,43% dengan kemandirian belajar siswa juga tergolong baik dengan persentase 71,46%. Hasil analisis lebih lanjut di peroleh nilai t hitung > t tabel (4,554> 1,685) dengan sig (0,000 < 0,05) lebih kecil dari probabilitas 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 di tolak yang berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan pola asuh orangtua terhadap kemandirian belajar siswa. Adapun persentase sumbangan pengaruh pola asuh orangtua terhadap kemandirian belajar siswa adalah sebesar 38,6% Sedangkan sisanya di pengaruhi atau di jelaskan oleh variabel lain yang tidak di masukkan dalam penelitian ini. Kata kunci: Pola Asuh Orangtua, Kemandirian Belajar Siswa