PENGARUH KEMAMPUAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGELOLA KELAS TERHADAP KETERTIBAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas sudah baik. Namum, kenyataannya dilapangan masih terdapat berbagai macam gejala yang menunjukkan adanya suatu permasalahan yang muncul terhadap ketertiban siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas terhadap ketertiban siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas terhadap ketertiban siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar” Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh kemampuan guru Pendidikan Agama Islam. Teknik penelitian ini menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Untuk menganalisis tentang kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas terthadap ketertiban siswa, maka data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan persentase. Dengan menggunakan rumus Product Moment. rxy = N∑XY − ∑X ∑Y {N∑X 2 2 2 −(∑X) } N∑Y – ∑Y 2 Berdasarkan uji korelasi dengan menggunakan SPSS versi 16.0 for Windows, maka hasil analisa data menunjukkan tingkat pengaruh antara kedua variabel adalah 0.754 lebih besar dari taraf signifikan 5% 0,232 dan taraf signifikan 1% 0,302. Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas terthadap ketertiban siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar.