Daftar Isi:
  • Penelitian ini beralamat di Jalan Kubang Jaya yang dilatar belakangi oleh semakin menjamurnya usaha diberbagai bidang salah satunya usaha roster di Desa Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar serta strategi pemasaran yang digunakan belum efektif seperti keterbatasan pengetahuan dalam mengelola bisnis secara profesional, rendahnya kapasitas produksi,rendahnya omset penjualan serta semakin ketatnya persaingan bisnis tersebut dan cara distribusi yang digunakan masih mengandalkan sistem distribusi pemasaran semi langsung. Rumusan masalah dalam penelitian bagaimana strategi pemasaran usaha roster dalam meningkatkan pendapatan di Desa Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar, dan Bagaimana tinjauan Ekonomi Syariah terhadap strategi pemasaran usaha Roster di Desa Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research). Populasi dalam penelitian ini terdiri dari pengusaha dan konsumen. Pengusaha berjumlah 5 orang dengan metode total sampling, sedangkan konsumen dijadikan sampel dengan kuota sebanyak 40 orang dengan metode Acidental sampiling. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, angket, wawancara, dokumentasi dan study pustaka. Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, strategi pemasaran dari segi produk yang ditawarkan memiliki kualitas dan mutu yang bagus, harga yang ditawarkan juga terjangkau, tempat usaha berada di lokasi yang strategis, promosi yang dilakukan secara lisan dan melalui periklanan spanduk serta membangun hubungan baik dengan msyarakat. Usaha roster memberikan peningkatan pendapatan namun ada juga yang belum mengalami peningkatkan. Tinjauan perspektif ekonomi Syariah, sesuai dari : kualitas dan mutu produk jelas, harga sesuai kualitas dan manfaat yang didapatkan, tempat terjaga dari yang dilarang Islam dan promosi bagus dan tidak melanggar prinsip Ekonomi Islam.