Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Metode Praktek Pola-Pola Kalimat dengan Media Simbol dan Rumus untuk Meningkatkan Kemahiran Menulis Siswa MA Al-Ihsan Boarding School Kab. Kampar. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Penggunaan Metode Praktek Pola-Pola Kalimat dengan Media Simbol dan Rumus Efektiv untuk Meningkatkan Kemahiran Menulis Siswa MA Al-Ihsan Boarding School Kab. Kampar?". Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu dimulai dari rancangan langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian test. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MA Al-Ihsan Boarding School Kab. Kampar tahun ajaran , dengan sampel siswa kelas XI A dan B MA Al-Ihsan Boarding School Kab. Kampar. Subjek penelitian adalah siswa dan guru bahasa Arab MA Al-Ihsan Boarding School. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa Metode Praktek Pola-Pola Kalimat dengan Media Simbol dan Rumus efektiv untuk meningkatkan Meningkatkan Kemahiran Menulis Siswa MA Al-Ihsan Boarding School Kab. Kampar. Karena nilai To = lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi % = dan taraf signifikansi = . ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.. Dengan kata lain Metode Praktek Pola-Pola Kalimat dengan Media Simbol dan Rumus efektiv untuk meningkatkan Meningkatkan Kemahiran Menulis Siswa MA Al-Ihsan Boarding School Kab. Kampar. Kata Kuci : Efektivitas, Metode, Media, Kemahiran Menulis