Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan dalam memahami teks antara murid yang diajar dengan metode qiro’ah dengan menggunakan pendekatan komunikatif dan murid yang diajar dengan metode tarjamah dalam meningkatkan pemahaman teks murid kelas II MTS Pondok Pesantren Darel Hikmah Pekanbaru. Dan rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan yang signifikan dalam pemahaman teks antara murid yang diajar dengan metode qiro’ah dengan menggunakan pendekatan komunikatif dan murid yang diajar dengan metode tarjamah murid kelas II MTS Pondok Pesantren Darel Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian semi eksperimen yaitu dimulai dari rancangan langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi kemudian test. Populasi penelitian adalah murid kelas II MTS Pondok Pesantren Darel Hikmah Pekanbaru tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 131 murid, dengan sampel murid kelas II A1 MTS Pondok Pesantren Darel Hikmah Pekanbaru yang berjumlah 24 murid. Subjek penelitiannya adalah murid MTS Pondok Pesantren Darel Hikmah Pekanbaru. Dan instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara murid yang diajar dengan metode qiro’ah dengan menggunakan pendekatan komunikatif dan murid yang diajar dengan metode tarjamah untuk meningkatkan pemahaman teks murid MTS Pondok Pesantren Darel Hikmah Pekanbaru. Karena nilai To = 11,28 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2,08 dan taraf signifikansi 5% = 2,81. Ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain metode metode qiro’ah dengan menggunakan pendekatan komunikatif efektif untuk meningkatkan pemahaman teks murid MTS Pondok Pesantren Darel Hikmah Pekanbaru. Kata kunci : Perbandingan, Metode, Pemahaman teks.