EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE DENGAR-UCAP MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENDENGAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH 02 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode dengar-ucap dengan menggunakan media video untuk meningkatkan keterampilan mendengar siswa Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Apakah penggunaan metode dengar-ucap dengan menggunakan media video efektif untuk meningkatkan keterampilan mendengar siswa Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 02?”. Penelitian ini dimulai dari memberikan pretest untuk mengetahui keterampilan siswa dalam mendengar, kemudian merancang langkah pembelajaran dengan metode dengar-ucap dengan menggunakan media video, pelaksanaan pembelajaran dengan observasi, setelah delapan kali observasi kemudian dilakukan post test. Populasi penelitian adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 02 Pekanbaru tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian yaitu siswa kelas 2(1) dan 2(2) Siswa Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Subjek penelitian adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa metode dengar-ucap menggunakan media video efektif untuk meningkatkan keterampilan mendengar siswa Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Karena nilai To = 5.17 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2.66 dan taraf signifikansi 5% = 2.00. ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain metode dengar-ucap menggunakan media video efektif untuk meningkatkan keterampilan mendengar siswa Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Kata Kunci : Efektifitas, Metode, Video, Keterampilan Mendengar.