Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana usaha guru mata pelajaran fikih dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan faktor- faktor yang mempengaruhi usaha guru mata pelajaran fikih dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru. Penelitian ini di latar belakangi guru mata pelajaran fikih sudah berusaha meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode yang bervariasi dalam mengajar, menyesuaikan materinya dan juga memberikan penilaian terhadap keberhasilan siswa mestinya motivasi belajar siswa meningkat akan tetapi masih ada siswa yang bercanda saat guru menjelaskan materi pembelajaran, siswa sering terlambat masuk kelas ketika bel masuk telah berbunyi, dan masih ada siswa yang kurang memperhatikan ketika guru menjelaskan pelajaran. Usaha guru adalah kegiatan dengan mengarahkan tenaga dan fikiran sebagai pendidik prefesional dalam mendidik, mengajar, membina, mengarahkan, melatih menilai dan mengevaluasi peserta didik. Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif dengan rumus