Daftar Isi:
  • Latar belakang penulis mengambil judul ini adalah karena strategi promosi yang dilakukan oleh Inisiatif Zakat Indonesia ( IZI ) Pekanbaru memiliki beberapa keunggulan yaitu seperti layanan antar jemput donasi, telfon dan sms center. Promosi dapat dikatakan berhasil apabila banyak yang memakai dan bertahan, karena semakin tinggi promosi semakin tinggi pula loyalitas. Namun berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan salah seorang karyawan Inisiatif Zakat Indonesia ( IZI) Pekanbaru menyatakan donatur di Inisiatif Zakat Indonesia ( IZI) lebih banyak donatur biasa daripada donatur tetapnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh strategi promosi terhadap loyalitas donator tetap Inisiatif Zakat Indonesia ( IZI ) Pekanbaru dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam mengenai strategi promosi dan loyalitas donator tetap Inisiatif Zakat Indonesia ( IZI ) Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan pada Inisiatif Zakat Indonesia ( IZI) Kota Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah 32 orang, 30 dari donator tetap Inisiatif Zakat Indonesia ( IZI) Pekanbaru dan 2 orang karyawan Inisiatif Zakat Indonesia ( IZI). Subjek penelitian ini adalah para donator tetap dan pengurus Lembaga Zakat IZI Pekanbaru, sedangkan yang menjadi objek adalah pengaruh Srategi promosi Terhadap Loyalitas Donatur tetap padaLembaga Zakat Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Pekanbaru. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumen-dokumen. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan teknisanalisi data yang digunakan adalah Statistik Deskriptif, ujivaliditas, uji reliabilitas, uji Asumsi Klasik (uji normalitas, uji Heteroskedastisitas), uji regresi linier sederhana, dan hipotesis ( uji t, Koefisien Korelasi Sederhana, dan Koefisien determinasi R i 2 ) dan data tersebut diolah menggunakan bantuan software SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,714 (71,4%) berada pada rata-rata interval 0,70 - 0,90 yang berarti memiliki pengaruh yang kuat atau tinggi, dan dari hasil koefisien determinasi diperoleh signifikan sebesar 51.% terhadap Loyalitas donator tetap Inisiatif Zakat Indonesia ( IZI) sedangkan 49% dipengaruhi oleh variable lainnya. Sedangkan secara persial diperoleh hasil t hitung sebesar 5.402, sedangkan t tabel sebesar 2,048 dengan tingkat signifikan sebesar (0,00) yang lebih rendah daripada 0,05. Yang berarti secara persial strategi promosi mempunyai pengaruh terhadap loyalitas donator tetap. Strategi promosi dan Loyalitas donator tetap Inisiatif Zakat Indonesia ( IZI) Pekanbaru sudah sesuai dengan ekonomi Islam. Dimana dalam strategi promosi ini tidak terdapat ketentuan-ketentuan yang bertentangan dengan syariat Islam.