Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang dilatar belakangi oleh hasil belajar kimia siswa SMA Negeri 1 Kepenuhan yang masih rendah dengan nilai rata-rata dibawah Kriteria Ketuntasan Maksimum (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together menggunakan media Puzzle terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid di kelas XI SMA Negeri 1 Kepenuhan. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini diambil berdasarkan uji Bartlet, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling, dimana dalam penelitian ini, kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya yaitu larutan penyangga, dokumentasi, observasi, pretest dan posttest sebagai data akhir. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung= 2,06 pada taraf signifikan 5% dan ttabel = 2,01 dan menunjukkan thitung > ttabel. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti menunjukkan ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) menggunakan media Puzzle terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid kelas XI SMA N 1 Kepenuhan dengan nilai koefisien pengaruh sebesar 9,38%. Kata Kunci: Numbered Head Togethet, Media Puzzle, Hasil belajar, Koloid.