PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MEDIA PREZI DEKSTOP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia yang masih tergolong rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan pretest dan postest. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran model Numbered Heads Together dengan media prezi dekstop terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid di kelas XI IPA Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Ujungbatu. Populasi dari penelitian ini adalah kelas XI IPA, dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling, maka diperoleh 2 kelas sampel yaitu XI IPA 1 (kelas eksperimen) dan XI IPA 2 (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes dalam bentuk uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya, pretest dan postest sebagai data akhir, dan dokumentasi. Untuk mengetahui homogen atau tidaknya sampel dilakukan analisis dengan menggunakan uji bartlet dan untuk data akhir menggunakan uji âTâ. Hasil pengolahan data diperoleh nilai thitung = 2,59 dan ttabel = 2,00 pada taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa thitung> ttabel. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together dengan media prezi dekstop terhadap hasil belajar kimia ditinjau dari ranah kognitif pada materi koloid kelas XI IPA di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Ujungbatu dengan koofisien pengaruh sebesar 9,8%. Kata kunci: Model Pembelajaran Numbered Heads Together, Prezi Dekstop, Hasil Belajar, Koloid.