EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MODIFIED FREE INQUIRY DISERTAI PEER TUTORING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI REAKSI REDUKSI DAN OKSIDASI
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Modified Free Inquiry disertai Peer Tutoring efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi reaksi reduksi dan oksidasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X TKR 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKR 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, data awal yang diambil dari nilai materi sebelumnya dan data akhir diambil dari selisih pretes dan postes kedua kelas. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,3 dan ttabel = 2,000 dan menunjukkan thitung > ttabel sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan prestasi belajar siswa pada materi reaksi reduksi dan oksidasi. Kata Kunci: Model Pembelajaran Modified Free Inquiry, Peer Tutoring, Prestasi Belajar, Reaksi Reduksi dan Oksidasi