Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Sekolah Dasar Negeri 014 Ganting Damai Kecamatan Salo Kabupaten Kampar melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe high fives. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 70. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran aktif tipe high fives dan hasil belajar. Penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dengan Statistik Deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data dapat diketahui bahwa strategi pembelajaran aktif tipe high fives dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, hal ini dapat diketahui sebelum tindakan ketuntasan hasil belajar siswa hanya mencapai 37,04%, setelah dilakukan tindakan hasil belajar siswa pada siklus I meningkat menjadi 59,26% dan pada siklus II ketuntasannya berhasil mencapai 77,78%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe High Fives dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 014 Ganting Damai Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Aktif Tipe High Fives, Hasil Belajar Siswa