Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe High Fives di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 014 Ganting Damai. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa diantaranya siswa kurang mengajukan pertanyaan dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Stategi Pembelajaran Aktif Tipe High Fives dan motivasi belajar. Penelitian ini dilakukan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diketahui bahwa Strategi Pembelajaran Aktif Tipe High Fives dapat meningkatkan motivasi belajar siswa hal ini dapat dilihat sebelum tindakan motivasi belajar siswa hanya mencapai 60% (Sedang), setelah dilakukan tindakan motivasi belajar siswa pada siklus I meningkat menjadi 66,78% (Tinggi) dan pada siklus II motivasi belajar siswa berhasil mencapai 79,40% (Tinggi). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe High Fives dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV Sekolah Dasar Negeri 014 Ganting Damai Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Aktif, Tipe High Fives, Motivasi Belajar Siswa.