Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara keterampilan memberi penguatan dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika di Sekolah Dasar Negeri 001 Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Dengan subjek penelitiannya siswa kelas IV,V, dan VI serta guru matematika kelas IV,V dan VI Sekolah Dasar Negeri 001 Tanjung. Sedangkan objek kajian adalah keterampilan member penguatan dan minat belajar siswa. Populasinya adalah seluruh siswa di kelas IV,V, dan VI Sekolah Dasar Negeri 001 Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar yang berjumlah 84 orang dan guru matematika yang berjumlah 1 orang. Karena jumlah populasinya kurang dari 100, maka penulis menjadikan seluruh populasi sebagai sampel. Pengumpulan data diambil melalui observasi, angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul sesuai dengan jenis penelitian ini yaitu variabel x (keterampilan memberi penguatan) bersifat ordinal dan variabel y (minat belajar) yang bersifat ordinal. Maka data dianalisis dengan teknik korelasi koefisien kontingensi. Setelah melakukan penelitian, penulismendapatkankesimpulanakhirbahwa ada hubungan yang positif antara keterampilan memberi penguatan dengan minat belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri 001 Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Dari hasil analisa statistik dengan menggunakan teknik korelasi koefisien kontingensi pada keterampilan memberi penguatan dan minat belajar siswa diperoleh harga Phi = 0,293 yang mana lebih besar dari “r” tabel baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%, atau dapat dituliskan 0,217<0,293>0,283. Ini berarti