PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 10 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini Berangkat dari permasalahan yang ada di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pekanbaru yaitu rendahnya motivasi belajar siwa yang ditandai dengan masih ada siswa yang tidak mau mengajukan pertanyaan saat belajar, tidak mau mencatat poin-poin penting dari meteri yang dijelaskan guru, tidak mau menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, tidak mau memberikan ideidenya, tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dengan tepat waktu. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni “Apakah ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pekanbaru?Penelitian terdiri dari dua variabel yaitu model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) sebagai variabel variabel X (variabel bebas/variabel independen) dan motivasi belajar siswa sebagai variabel Y (variabel terikat/variabel dependen). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 10 Pekanbaru.Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pekanbaru. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction). Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII yang berjumlah 346 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII.9 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.8 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah Chi Kuadrat.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menggunakan Chi Kuadrat diperoleh 2 hitung sebesar 7,230 dan 2 tabel dengan df = 1 pada taraf signifikansi 5% = 3,84 sedangkan pada taraf 1% sebesar 6,64. Hal tersebut berarti bahwa nilai 2 hitung > 2 tabel baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% atau 3,84 7,230 >6,64 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pekanbaru