PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN THE FRAYER MODEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 003 MUARAUWAIKECAMATANBANGKINANG KABUPATEN KAMPAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui penerapan teknik pembelajaran the frayer model di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Muara Uwai Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 70. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Muara Uwai Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah teknik pembelajaran the frayer model dan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah aktivitas guru dan aktivitas siswa dengan menggunakan rumus persentase, yaitu