Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi masih ada siswa yang aktif dalam kegiatan pramuka memiliki kedisiplinan belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan mengikuti kegiatan pramuka terhadap kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Pekanbaru yang beragama Islam, sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh keaktifan mengikuti kegiatan pramuka terhadap kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Populasinya adalah siswa kelas X, XI, XII yang berjumlah 859 dengan jumlah sampel sebanyak 86 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa terdapat pengaruh antara keaktifan mengikuti kegiatan pramuka terhadap kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Pekanbaru yang terbukti dari nilai thitung > ttabel (7,212 > 1,663). Adapun persentase pengaruh keaktifan mengikuti kegiatan pramuka terhadap kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah sebesar 61,8%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh indikator lain.