PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH I’AANATUTH THALIBIIN PERAWANG KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya prestasi belajar siswa yang belum mencapai KKM yang mana sebagian besar siswa Madrasah Aliyah I’aanatuth Thalibiin telah menjalankan tata tertib yang telah ditetapkan, dan menerima serta menjalankan sanksi bagi setiap peraturan yang dilanggar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah I’aanatuth Thalibiin Perawang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, XI dan kelas XII dengan objek penelitian adalah pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar siswa. Populasi adalah seluruh siswa kelas X dan XI yang berjumlah 41 orang. Teknik pengumpulan sampel adalah total sampling. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa nilai t hitung > t tabel (1,685 < 4,831 > 2,426), yang berarti bahwa ada pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah I’aanatuth Thalibiin KM 08 Perawang, Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Adapun persentase sumbangan pengaruh kedisiplinan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 61,2%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Hal ini mengandung arti bahwa semakin tinggi kedisiplinan belajar siswa maka semakin tinggi prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah I’aanatuth Thalibiin Perawang, sebaliknya semakin rendah kedisiplinan belajar maka semakin rendah prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah I’aanatuth Thalibiin Perawang.