Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 163 Pekanbaru Kecamatan Tampan melalui penerapan metode pembelajaran show and tell. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 73. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV tahun pelajaran 2016-2017 dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Objek dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran show and tell dan hasil belajar. Penelitian ini terdiri dari empat tahapan tiap siklus yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus yang masingmasing siklus terdiri dari dua kali pertemuan.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, sebelum tindakan ketuntasan hasil belajar siswa hanya mencapai 42,85%, lalu pada siklus I meningkat menjadi 57,14% dan pada siklus II ketuntasannya berhasil mencapai 77,14%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Pembelajaran Show and Tell dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri163 Pekanbaru Kecamatan Tampan. Kata Kunci :Metode Pembelajaran,Show and Tell, Hasil Belajar Siswa