PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TARUNA MASMUR PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu pengaruh kompetensi guru pendidikan agama Islam ( variabel bebas/ independen/variabel X) dan kreativitas siswa (variabel terikat/dependen/variabel y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam terhadap kreativitas siswa pada kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di sekolah menengah kejuruan Taruna Masmur Pekanbaru, dengan rumusan masalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru dan kreativitas siswa pada kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di sekolah menengah kejuruan taruna masmur Pekanbaru. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru Pendidikan Agama Islam dan seluruh siswa di sekolah menengah kejuruan Taruna Masmur Pekanbaru, sedangkan objek penelitian adalah pengaruh kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam terhadap kreativitas siswa pada kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di sekolah menengah kejuruan Taruna Masmur Pekanbaru. Untuk populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 65 orang dan guru Pendidikan Agama Islam berjumlah 1 orang , sedangkan sampel peneliti tidak mengambil sampel karna jumlah siswa yang sedikit untuk itu penenliti mengunakan sampel penuh yakni mengambil semua populasi menjadi sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dan tehnik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Dari hasil analisis statistik dengan mengunakan teknik korelasi product moment dapat diketahui bahwa pengaruh kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam terhadap kreativitas Siswa pada kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di sekolah menengah Taruna Masmur Pekanbaru dengan perolehan angka indeks yang diperoleh dari r hitung 0,796 lebih besar dari rtabel untuk sampel 65 pada taraf signifikansi 0,5% sebesar 0,250 dan pada taraf 1% sebesar 0,325. Dengan demikian berarti Ha diterima dan Ho ditolak, berarti ada pengaruh yang signifikan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Kreativitas Siswa pada Kegiatan Ekstrakuriku