HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KEPRIABADIAN GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MADRASAH ALIYAH HASANAH PEKANBARU
Daftar Isi:
- Judul penelitian ini adalah hubungan antara persepsi siswa tentang kepribadian guru dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru. Persepsi siswa tentang kepribadian guru merupakan salah satu faktor yang memotivasi siswa untuk belajar. Karena siswa beranggapan kepribadian guru yang baik sesuai dengan mata pelajaran yang menjadi bidang pengetahuannya. Namun hal tersebut tidak terjadi di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru, sebagian siswa masih kurang termotivasi untuk mengikuti pelajaran Al-Qur’an Hadis yang disampaikan guru tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa dan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas X Dan XI yang berjumlah 70 siswa. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini dalah hubungan antara persepsi siswa tentang kepribadian guru dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru. Penelitian dilaksanakan dari tanggal 02 Agustus 2016 sampai tanggal 02 Oktober 2016. Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis, dapat disimpulkan bahwa hubungan persepsi siswa tentang kepribadian guru dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis tergolong sangat lemah atau rendah. Adapun persentase besarnya kontribusi persepsi siswa tentang kepribadian guru dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru sebesar sebesar 9,2% sedangkan 90,8% ditentukan oleh faktor lain.