STRATEGI MEDIA RELATIONS UNIT KOMUNIKASI DAN KOORDINASI KEBIJAKAN (UK3) KANTOR PERWAKILAN BANK INDONESIA PROVINSI RIAU (KPW BI RIAU) DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM SOSIAL BANK INDONESIA (PSBI)
Daftar Isi:
- Keberhasilan Humas/PR suatu organisasi dalam melakukan kegiatan media relations sangat ditentukan oleh relasi yang dibangun dengan pihak media. Humas/PR perlu berinisiatif untuk membuat program media relations secara rutin per-tahun, yakni menjalin hubungan baik dengan media massa yang dalam hal ini diwakili oleh para wartawan/jurnalis. Dengan mengacu pada konsep strategi media relations Yosal Iriantara akan memudahkan praktisi Humas/PR dalam merumuskan strategi yang digunakan. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana strategi media relations yang dilakukan oleh Unit Komunikasi dan Koordinasi Kebijakan (UK3) Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau (KPw BI Riau) dalam mensosialisasikan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang didapat dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan hasil-hasil dari penelitian menggunakan kata-kata maupun kalimat. Agar memudahkan peneliti dalam melakukan penelitian, peneliti mengambil suatu konsep strategi media relations Yosal Iriantara sebagai acuan peneliti dalam merumuskan indikator-indikator untuk mengumpulkan data yaitu mengelola relasi, mengembangkan strategi dan mengembangkan jaringan. Penelitian ini mendapatkan hasil dan kesimpulan bahwa strategi media relations Unit Komunikasi dan Koordinasi Kebijakan (UK3) Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau (KPw BI Riau) dalam mensosialisasikan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) yaitu: mengelola relasi dengan wartawan-wartawan ekonomi dengan cara membentuk tim media dan mengadakan kegiatan refreshment setiap tahun. Mengembangkan strategi dengan cara memberikan materi-materi PR berupa press release tentang Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) serta mengundang wartawan untuk meliput kegiaatan CSR. Mengembangkan jaringan dengan cara berelasi dengan organisasi kewartawanan seperti PWI dan AJI, serta berkoordinasi dengan Pemerintah daerah, SKPD, Organisasi Masyarakat, Lembaga Akademis, Organisasi Perusahaan, Regulator, dan sebagainya. Kata Kunci: strategi media relations, UK3, sosialisasi, PSBI.