PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURED DYADIC METHODS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 027 PARITBARU KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 027 Paritbaru Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe structured dyadic methods. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 70. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 027 Paritbaru Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar yang berjumlah 20 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe structured dyadic methods dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik deskriptif, data dikelompokkan dan dicari rata-rata serta persentasenya. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe structured dyadic methods menunjukakan hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mencapai 55%. Kemudian setelah menerapkan model pembelajaran kooperaif tipe structured dyadic methods hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 70%. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi menjadi 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe structured dyadic methods dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 027 Paritbaru Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar.