Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode suggestopedia dengan menggunakan media gambar untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran bahasa arab di Madrasah Tsanawiyah Sungai Tonang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah metode suggestopedia dengan menggunakan media gambar efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran bahasa arab di Madrasah Tsanawiyah Sungai Tonang? Populasi penelitian adalah seluruh siswa di Madrasah Tsanawiyah Sungai Tonang, dengan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2A dan 2B. Subjek penelitian adalah siswa dan guru bahasa arab Madrasah Tsanawiyah. Objek dalam penelitian ini adalah efektivitas metode suggestopedia dengan menggunakan media gambar untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran bahasa arab. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan angket. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa metode suggestopedia dengan menggunakan media gambar efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran bahasa arab. Karena nilai To =50,45 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 3,25 dan taraf signifikansi 5% = 2,26. Yang berarti bahwa Ho ditolak. Dengan kata lain Metode Suggestopedia dengan Menggunakan Media Gambar Efektif untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Sungai Tonang. Kata Kunci: Efektifitas, Metode Suggestopedia, Media, Minat Belajar.