PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN READING ALOUD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH DARUN NAFIS KECAMATAN PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran Reading Aloud pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam IV Madrasah Ibtidaiyah Darun Nafis Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai nilai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu70. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darun Nafis Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. Sedangkan objeknya adalah penerapan strategi pembelajaran Reading Aloud pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan, Teknik pengumpulan Data dengan menggunakan Teknik Observasi, Tes Hasil Belajar dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data untuk Aktivitas Guru dan Siswa menggunakan rumus PK =