Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiEfektifitas Permainan Pesan Berantai Dengan Menggunakan Metode Langsung Meningkatkan Kemampuan Bicara Siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Almunawwarah Pekanbaru.Rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah Penggunaan Permainan Pesan Berantai Dengan Menggunakan Metode Langsung Efektif Meningkatkan Kemampuan Bicara Siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Almunawwarah Pekanbaru?. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu dimulai dengan merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi dan test. Populasi penelitian adalahSiswa kelas 2 Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Almunawwarah Pekanbaru2017-2018, dengan sampel siswa kelas 2 A dan 2 BMadrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Almunawwarah Pekanbaru. SubjekpenelitianadalahsiswaMadrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Almunawwarah Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah Efektifitas Permainan Pesan Berantai Dengan Menggunakan Metode Langsung Meningkatkan Kemampuan Bicara Siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Almunawwarah Pekanbaru. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi dan test.Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Permainan Pesan Berantai Dengan Menggunakan Metode Langsung Efektif Meningkatkan Kemampuan Bicara Siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Almunawwarah Pekanbaru karena nilai To = 3.59 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2.68 dan taraf signifikansi 5% = 2.01. Ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci : Efektifitas, permainan, metode, kemahiran berbicara