Daftar Isi:
  • Penelitianiniadalahpenelitian quasieksperimen, dimanapenelitiberperanlangsungsebagai guru dalam proses pembelajaran. PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiEfektifitas PenggunaanMetode Sam’iyah syafawiyah dengan Menggunakan Permainan Petak Umpetuntuk Meningkatkan Penguasaan BerbicarasiswadalamberbahasaArab, denganmelihatadatidaknyaperbedaanpenguasaanberbicarabahasa Arab siswakelaseksperimendankontrol. Rumusanpermasalahandalampenelitianiniadalah “ApakahPelaksanaan Metode Sam’iyah Syafawiyah Dengan Menggunakan permainanPetak Umpet EfektifUntukMeningkatkanPenguasaanBerbicaraSiswadi SMANegeri1Salo?”. Subjekpenelitianadalah guru bahasa Arab dansiswakelasXI A dan XI B di SMANegeri 1 Salo, sedangkanobjeknyaadalahefektifitas metode Sam’iyah Syafawiyahdengan menggunakan Permainan Petak UmpetuntukmeningkatkanPenguasaanBerbicarasiswadi SMANegeri 1 Salo.PopulasidansampelnyapenelitianiniadalahsiswakelasXI Adan XI B. Instrument yang digunakanuntukmengumpulkan data dalampenelitianiniadalahobservasi dan test.Untukmenganalisa data observasidigunakanrumus: f %  100  0  x y Sedangkan untuk menganalisa data test digunakan rumus : 2 2  SDy    SDx   1 1           Dari analisis data yang diperoleh, dapatdisimpulkanbahwadalam proses pembelajaranterdapatperbedaankemampuanpenguasaanBerbicarabahasa Arab antarakelas yangmenggunakanPermainan Petak Umpetdengan yang tanpamenggunakanPermainan Petak Umpet. Karenanilai To = 3,07lebihbesardariTtpadatarafsignifikansi 1% = 2,68dantarafsignifikansi 5% = 2.01. Iniberartibahwa Ho ditolakdan Ha diterima.Dengan kata lain Permainan Petak UmpetefektifuntukmeningkatkanPenguasaanBerbicara SiswaSMANegeri 1Salo. Kata Kunci :Efektifitas, Permainan, Petak Umpet, Berbicara Siswa