Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode sam’iyah syafawiyah dengan teknik tari bambu untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa arab di Madrasah Aliyah Yasmi kota Duri Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan metode sam’iyah syafawiyah dengan teknik tari bambu efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa arab di Madrasah Aliyah Yasmi kota Duri Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau ?”. Penelitian ini dimulai dari merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian test. Populasi penelitian adalah siswa Madrasah Aliyah Yasmi Kota Duri, dengan sampel siswa kelas X A dan X B Madrasah Aliyah Yasmi Kota Duri. Subjek penelitian adalah guru Bahasa Arab. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode syam’iyah syafawiyah dengan teknik tari bambu efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa arab di MA Yasmi kota Duri Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau. Karena nilai To = 4.2 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2.72 dan taraf signifikansi 5% = 2.02. ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain penggunaan metode sam’iyah syafawiyah dengan teknik tari bambu efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa arab di MA Yasmi kota Duri Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau. Kata Kunci : Efektivitas, Metode Sam’iyah Syafawiyah, Teknik Tari Bambu, Kemahiran Berbicara