Daftar Isi:
  • Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu Strategi Questions Students Have (Variabel X) dan keaktifan belajar (Variabel Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan Strategi Questions Students Have untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Diniyah Puteri Pekanbaru, dengan rumusan masalah apakah ada pengaruh penerapan Strategi Questions Students Have untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Diniyah Puteri Pekanbaru?. Subjek penelitian ini adalah Siswi di Madrasah Tsanawiyah Diniyah Puteri Pekanbaru. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pengaruh penerapan strategi Question student have terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Diniyah Puteri Pekanbaru. Untuk populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 115 orang, sedangkan untuk sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan siswa kelas VIII C yang berjumlah 64 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling puspossive atau pengambilan sampel bertujuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan tes “t”. Dari hasil analisis statistik dengan menggunakan teknik analisis tes „t‟ dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan strategi Question student have terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Diniyah Puteri Pekanbaru dengan perolehan angka indeks thitung 9.48 lebih besar dari ttabel baik pada taraf signifikan 5% = 2.00 maupunpadatarafsignifikan 1% = 2.65. Dengan demikian maka Ha (hipotesa alternatif) diterima dan Ho (hipotesa nihil) ditolak. Jadi ada pengaruh yang signifikan pada penerapan strategi Question student have terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Diniyah Puteri Pekanbaru. Artinya dengan menerapkan strategi Question student have maka akan semakin tinggi keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Diniyah Puteri Pekanbaru.