STUDI DESKRIPTIF TENTANG KEBIASAAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BANGKINANG KOTA KABUPATEN KAMPAR
Daftar Isi:
- Penelitian` ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kebiasaan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Kebiasaan belajar bukan merupakan bakat alamiah yang berasal dari faktor bawaan, tetapi merupakan perilaku yang dipelajari dengan secara sengaja dan sadar selama beberapa waktu. Karena diulang sepanjang waktu, berbagai perilaku itu begitu terbiasakan sehingga akhirnya terlaksana secara spontan tanpa memerlukan pikiran sadar sebagai tanggapan otomatis terhadap sesuatu proses belajar. Tentu saja kebiasaan belajar adakalanya merupakan kebiasaan belajar yang baik dan kebiasaan belajar yang buruk. Kebiasaan belajar yang baik akan membantu peserta didik untuk menguasi pelajarannya, menguasai materi dan meraih sukses dalam sekolah. Sedangkan kebiasaan belajar yang buruk akan mempersulit peserta didik untuk memahami pelajarannya dan menghambat kemajuan belajar serta menghambat kesuksesan belajar di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan kunci yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling adalah 20 siswa kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara (wawancara tidak terstruktur dan wawancara terstruktur) dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik Keabsahaan data dalam penelitian ini menggunakan uji kredibilitas menggunakan bahan referensi. Berdasarkan hasil penelitian, siswa kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangkinang Kota Kabupaten Kampat telah membentuk kebiasaan belajar siswa dengan baik. Hasil ini dibuktikan dengan hasil Indikator I baik, Indikator II baik, Indikator III baik, Indikator IV baik, dan Indikator V baik. Kata Kunci : Kebiasaan, Kebiasaan baik, Pemikiran, Akademik