Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dimana peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode Syam’iyah Syafawiyah dengan menggunakan media jam dinding untuk meningkatkan penguasaan berbicara siswa dalam berbahasa Arab, dengan melihat ada tidaknya perbedaan kemahiran berbicara Bahasa Arab siswa kelas eksperimen dan kontrol. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Pelaksanaan Metode Syam’iyah Syafawiyah dengan media Jam Dinding Efektif Untuk Meningkatkan kemahiran Berbicara Bahasa Arab Siswa di MTs LKMD Kasikan?”. Subjek penelitian adalah guru bahasa Arab dan siswa kelas VIII A dan VIII B di MTs LKMD Kasikan, sedangkan objeknya adalah metode Syam’iyah Syafawiyah dengan media Jam Dinding untuk meningkatkan kemahiran berbicara Bahasa Arab siswa di MTs LKMD Kasikan. Populasi dan sampelnya penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi dan test. Untuk menganalisa data observasi digunakan rumus P = f N × 100% Sedangkan untuk menganalisa data test digunakan rumus: