UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SOSIAL GURU PADA GURU MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi sosial guru pada guru mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi sosial guru pada guru mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Informan dalam penelitian ini adalah seorang kepala sekolah dan sebagai informan pendukung yaitu 2 orang guru ekonomi di Sekolah Menengah Atas negeri 1 Kampar Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Untuk pengumpulan data digunakan wawancara dengan kepala sekolah dan 2 orang guru mata pelajaran ekonomi dan dokumentasi.Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif, yaitu memaparkan apa adanya hasil wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi sosial guru pada guru mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar sudah melakukan upaya terhadap kompetensi sosial guru. Hal ini terlihat dari hasil wawancara dengan kepala sekolah dan guru ekonomi yaitu: (1) Kepala sekolah membimbing pengetahuan pendidik tentang adat dan istiadat sosial dan agama (2 ) Kepala sekolah membina pengetahuan pendidik tentang budaya dan tradisi (3)Kepala sekolah berusaha mempertinggi pengetahuan pendidik tentang inti demokrasi (4)Kepala sekolah berusaha membina pengetahuan pendidik tentang estetika (5 ) Kepala sekolah membangkitkan dan merangsang pendidik dalam meningkatkan apresiasi dan kesadaran sosial (6)Kepala sekolah membina sikap yang benar pendidik terhadap pengetahuan dan pekerjaan (7)Kepala sekolah membangkitkan rasa setia pendidik terhadap harkat dan martabat manusia.