Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki terdapat atau tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan siswa yang menggunakanpendekatan konvensional jika ditinjau dari motivasi belajar pada siswa kelas VII SMPN 1Tambang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Tambang dengan sampelnya adalah diambil dua kelas dari enam kelas VII SMPN 1 Tambang. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang bertujuan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu dengan cara memberikan perlakuan pada salah satu kelas dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda dengan desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, tes dan angket.Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t untuk hipotesis 1 dan 2, menggunakan korelasi product moment untuk hipotesis 3, serta menggunakan Uji Anova Dua Arah untuk hipotesis 4. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan siswa yang menggunakan pendekatan konvensional; 2) Tidak terdapat perbedaan rata-rata motivasi belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan siswa yang menggunakan pendekatan konvensional; 3) Terdapat kontribusi motivasi belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa; 4) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Kata kunci : Jigsaw, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Motivasi Belajar.