Daftar Isi:
  • Penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa dan masih terbatasnya bahan ajar yang digunakan saat proses pembelajaran. Sebagai alternatif dari permasalahan tersebut dilakukan penelitian dengan mengembangkan sebuah bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis model pembelajaran Quantum Teaching dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis model Quantum Teaching yang valid, praktis dan mampu memfasilitasi kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 17 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah dosen sebagai validator serta siswa kelas VIII.4 SMP Negeri 17 Pekanbaru dan objek penelitian ini adalah LKS berbasis model Quantum Teaching. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKS yang dikembangkan tergolong kategori sangat valid (84,3%), dan praktis berdasarkan penilaian dari siswa kelompok kecil (83%) serta sangat praktis berdasarkan penilaian dari siswa kelompok besar (86%), sedangkan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah menggunakan LKS berbasis model SSCS termasuk kategori sedang (79.3%). Hasil tersebut mengidentifikasi bahwa LKS berbasis model Quantum Teaching yang dikembangkan valid, praktis, dan mampu memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa LKS, Quantum Teaching, Komunikasi Matematis.