PENERAPAN STRATEGI HOT POTATO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 014 DESA KUMANTAN KECAMATAN BANGKINANG KOTA KABUPATEN KAMPAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan strategi Hot Potato dikelas V Sekolah Dasar Negeri 014 Desa Kumantan Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V Sekolah Dasar Negeri 014 Desa Kumantan Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 014 Desa Kumantan Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi Hot Potato untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan data aktivitas guru dan aktivitas siswa. Setelah data terkumpul, maka peneliti menganalisis data tersebut dengan menggunakan rumus persentase, yaitu