PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CATATAN TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH AL- ISLAM RUMBIO KECAMATAN KAMPAR
Daftar Isi:
- Berdasarkan latar belakang masalah, diketahui bahwa guru telah menerapkan beberapa metode dan strategi pembelajaran, salah satunya adalah metode ceramah dan tanya jawab, namun sebagian siswa kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, dengan kata lain hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Adapun gejala-gejala yang ditemui bahwa hasil belajar siswa masih tergolong rendah, masih ada sebagian siswa yang tidak dapat menjawab pertanyaan guru, dan masih banyak siswa yang tidak mendengarkan ketika guru menerangkan materi pelajaran. Atas dasar itulah penulis tertarik melakukan penelitian eksperimen dengan menerapkan strategi catatan terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan penerapan strategi pembelajaran catatan terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di kelas X Madrasah Aliyah Al-Islam Rumbio Kecamatan Kampar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan penerapan strategi pembelajaran catatan terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di kelas X Madrasah Aliyah Al-Islam Rumbio Kecamatan Kampar?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Dalam penelitian eksperimen, peneliti membagi objek atau subjek yang diteliti menjadi 2 kelompok yaitu kelompok treatmen (eksperimen) yang mendapatkan perlakukan dan kelompok kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XA Madrasah Aliyah Al-Islam Rumbio yang berjumlah 28 orang siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh penerapan strategi pembelajaran catatan terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di XA Madrasah Aliyah Al-Islam Rumbio. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan dari penelitian ini yaitu “Terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di kelas X Madrasah Aliyah Al-Islam Rumbio Kecamatan Kampar pada post test lokal kontrol dengan post test lokal eksperimen. Dengan to = -8,600 berarti lebih besar dari pada tt tanda matematika (minus) dalam hal ini dihilangkan pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% (2,05 < 8,600 > 2,77) yang berarti hipotesis nihil diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa antara skor post test kelas kontrol dan post test kelas eksperimen terdapat perbedaan yang signifikan