PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE POINT COUNTERPOINT TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 14 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan pada penerapan strategi pembelajaran aktif tipe point counterpoint terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 14 Pekanbaru. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah adakah pengaruh yang signifikan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe point counter point terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 14 Pekanbaru?. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Dalam penelitian ini peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran dan guru bidang studi bertindak sebagai observer. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 14 Pekanbaru, sedangkan objek penelitiannya adalah keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam setelah diterapkannya strategi pembelajaran aktif tipe point counterpoint. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Penelitian akan dilaksanakan dalam empat kali pertemuan, satu kali pertemuan pra tindakan dan pengadaan pre-respon dan tiga kali pertemuan dengan tindakan sekaligus pengadaan pos-respon. Data primer yang didapat dianalisis dengan menggunakan uji tes “t”, setelah melalui uji prasyarat sebelumnya yakni uji homogenitas dengan menggunakan uji varian dan uji normalitas dengan menggunakan tes chi kuadrat. Berdasarkan hasil setelah uji tes “t” diketahui thitung adalah 4,29, sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% = 2,00 dan taraf signifikansi 1% = 2,65. Hal ini menandakan nilai pada thitung >ttabel atau 2,00 < 4,29 > 2,65 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan baik pada tingkat signifikansi 5% maupun 1%. Hipotesis yang diterima adalah “ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe point counterpoint terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Pekanbaru. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe point counterpoint sangat efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 14 Pekanbaru.