Daftar Isi:
  • Foto jurnalistik adalah foto yang bernilai berita atau foto yang menarik bagi pembaca tertentu, dan informasinya tersebut di sampaikan kepada masyarakat sesingkat mungkin. Penyampaian sebuah foto informasi kepada khalayak dengan menggunakan media foto lebih gampang dicerna daripada sebuah kata-kata, karena sebuah foto itu memiliki banyak makna di dalamnya. Banyak hasil karya foto jurnalistik yang mengandung pesan sosial didalamnya, tergantung bagaimana setiap individu memaknai sendiri nasihat dari arti foto tersebut. Dalam bulan Ramadhan, banyak bidik foto yang mengangkat pesan sosial yang berhubungan dengan masyarakat dan kepentingan umum berkaitan dengan kebersamaan antar umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa. Rumusan masalah penelitian adalah apa pesan sosial foto jurnalistik pada surat kabar harian Riau Pos edisi 18 Juni-16 Juli dalam rubrik Ramadhan 1436 H. Tujuan penelitian untuk mengetahui pesan sosial foto jurnalistik pada Surat Kabar Harian Riau Pos edisi 18 Juni-16 Juli dalam Rubrik Ramadhan 1436 H. Teknik pengumpulan data menggunakan Dokumentasi dan Observasi. Penelitian ini menggunakan teori analisis Semiotika yang dikemukakan oleh Roland Barthes, dimana Roland Barthes membagi tanda menjadi dua makna, yaitu Denotasi dan Konotasi. Adapun hasil penelitian ini adalah penggambaran dari makna denotasi dan makna konotasi dari setiap foto jurnalistik yang diperoleh dari gambaran foto, keterangan caption maupun isi berita. Dari makna denotasi dan makna konotasi tersebut, barulah didapatkan makna pesan sosial dari setiap foto jurnalistik. Oleh karena itu kesimpulan dari penelitian ini adalah mengetahui pesan sosial foto jurnalistik pada Surat Kabar Harian Riau Pos edisi 18 Juni-16 Juli dalam Rubrik Ramadhan 1436 H. Kata kunci : Analisis, Foto Jurnalistik, Ramadhan Foto jurnalistik adalah foto yang bernilai berita atau foto yang menarik bagi pembaca tertentu, dan informasinya tersebut di sampaikan kepada masyarakat sesingkat mungkin. Penyampaian sebuah foto informasi kepada khalayak dengan menggunakan media foto lebih gampang dicerna daripada sebuah kata-kata, karena sebuah foto itu memiliki banyak makna di dalamnya. Banyak hasil karya foto jurnalistik yang mengandung pesan sosial didalamnya, tergantung bagaimana setiap individu memaknai sendiri nasihat dari arti foto tersebut. Dalam bulan Ramadhan, banyak bidik foto yang mengangkat pesan sosial yang berhubungan dengan masyarakat dan kepentingan umum berkaitan dengan kebersamaan antar umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa. Rumusan masalah penelitian adalah apa pesan sosial foto jurnalistik pada surat kabar harian Riau Pos edisi 18 Juni-16 Juli dalam rubrik Ramadhan 1436 H. Tujuan penelitian untuk mengetahui pesan sosial foto jurnalistik pada Surat Kabar Harian Riau Pos edisi 18 Juni-16 Juli dalam Rubrik Ramadhan 1436 H. Teknik pengumpulan data menggunakan Dokumentasi dan Observasi. Penelitian ini menggunakan teori analisis Semiotika yang dikemukakan oleh Roland Barthes, dimana Roland Barthes membagi tanda menjadi dua makna, yaitu Denotasi dan Konotasi. Adapun hasil penelitian ini adalah penggambaran dari makna denotasi dan makna konotasi dari setiap foto jurnalistik yang diperoleh dari gambaran foto, keterangan caption maupun isi berita. Dari makna denotasi dan makna konotasi tersebut, barulah didapatkan makna pesan sosial dari setiap foto jurnalistik. Oleh karena itu kesimpulan dari penelitian ini adalah mengetahui pesan sosial foto jurnalistik pada Surat Kabar Harian Riau Pos edisi 18 Juni-16 Juli dalam Rubrik Ramadhan 1436 H. Kata kunci : Analisis, Foto Jurnalistik, Ramadhan