HUBUNGAN KEAKTIFAN SISWA MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BIDANG BIMBINGAN BELAJAR DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI ANDALAN PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan keaktifan siswa mengikuti layanan bimbingan kelompok bidang bimbingan belajar dengan motivasi berprestasi siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Andalan Pekanbaru. Penelitian ini termasuk penelitian korelasi. Subjek penelitian ini adalah siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah hubungan keaktifan siswa mengikuti layanan bimbingan kelompok bidang bimbingan belajar dengan motivasi berprestasi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 319 orang. Dikarenakan populasi cukup besar maka penulis melakukan penarikan sampel dengan menggunakan rumus Taroyamane dan pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 76 orang. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan keaktifan siswa mengikuti layanan bimbingan kelompok bidang bimbingan belajar dengan motivasi berprestasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri Andalan Pekanbaru dianalisis dengan statistik teknik korelasi product moment. Setalah data yang diperoleh di lapangan dianalisis. Maka disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara keaktifan siswa mengikuti layanan bimbingan kelompok bidang bimbingan belajar dengan motivasi berprestasi siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Andalan Pekanbaru. Hal ini dapat dilihat dari angka korelasi product moment sebesar 0.641, angka ini lebih besar dari angka “r” tabel taraf signifikasi 1 % yaitu 0.302 dan angka “r” tabel 5 % yaitu 0.232. Kata Kunci: Keaktifan, Mengikuti Layanan Bimbingan Kelompok Bidang Bimbingan Belajar, Motivasi Berprestasi