HUBUNGAN PENGUASAAN BAHAN PELAJARAN OLEH GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan penguasaan bahan pelajaran oleh guru dengan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran pengantar akuntansi kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Muhammdiyah 2 Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Seberapa besar hubungan penguasaan bahan pelajaran oleh guru dengan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran pengantar akuntansi kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah guru pengantar akuntansi dan siswa kelas X AK, sedangkan objeknya adalah hubungan penguasaan bahan pelajaran oleh guru dengan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran pengantar akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Populasinya adalah guru pengantar akuntansi dan seluruh siswa kelas X AK SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru sebanyak 98 orang. Jumlah sampel yang diambil 98 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa ada hubungan yang signifikan penguasaan bahan pelajaran oleh guru dengan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran kelas X AK pada mata pelajaran pengantar akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammdiyah 2 Pekanbaru. Hasil tersebut berdasarkan nilai r hitung>r table pada taraf signifikan 5% (202<0,601>0,263), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Kontribusi hubungan penguasaan bahan pelajaran oleh guru dengan hasil belajar siswa tergolong dalam kategori kuat karena nilai koefisien korelasi 0,601, yang menunjukkan bahwa semakin tinggi penguasaan bahan pelajaran yang dilakukan oleh guru maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa, dan sebaliknya semakin buruk penguasaan bahan pelajaran yang dilakukan oleh guru maka semakin buruk pula hasil belajar siswa. Kata Kunci : Penguasaan, Hasil Belajar