EFEKTIFITAS LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 15 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen the one group pre test dan post test design. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa SMA 15 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan populasi sebanyak 140 siswa. Jumlah subjek penelitian sebanyak 6 orang siswa yang merupakan penelitian sampel dengan mengambil sebagaian dari populasi sebagai subjek penelitian. Instrument yang digunakan skala likert. Uji validitas mengunakan SPSS For Windows Release 17.00. Adapun untuk analisis data, peneliti menggunakan uji Wilcoxon’s (signed ranks test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rasa percaya diri siswa sebelum diberikan layanan konseling individual berada di kategori rendah dengan rata-rata 96,5 dan setelah diberikan layanan konseling individual tentang rasa percaya diri siswa mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi dengan rata-rata 138,6 , maka dapat dikatakan adanya perbedaan pre test dan post test. Jadi dapat disimpulkan layanan konseling individual efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa yang dilihat dari hasil analisis data 0.027<0.05, sehingga Ho ditolak. Kata Kunci: Efektifitas, Konseling Individual, Percaya Diri