Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa penggunaan media gambar dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam diSekolah Menengah Pertama Negeri 5 Kabun Kabupaten Rokan Hulu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pengaruh penggunaan media gambar terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Kabun. Populasi penelitian adalah seluruh siswa dari kelas VII sampai kelas IX yang berjumlah 50 orang. Oleh karena populasi tidak begitu besar, maka dalam penelitian penulis tidak mengadakan penarikan sampel, artinya seluruh populasi diteliti. Untuk mengumpulkan data tentang penggunaan media dan minat belajar penulis menggunakan teknik angket. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan persentase. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap minat belajar, data dianalisis secara statistik dengan rumus korelasi Product Moment. rxy ( )( ) √* ( ) + { –( ) } Berdasarkan hasil uji korelasi dengan menggunakan SPSS versi 16.0 for Windows, maka dapat disimpulkan bahwa tingkat pengaruh antara kedua variabel adalah 0,420 lebih besar dari taraf signifikan 5% 0,273 dan lebih kecil dari taraf signifikan 1% 0,354. Dengan demikian Ha diterima dan H0 tolak. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media gambar terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama 5 Kabun Kabupaten Rokan Hulu. Kata Kunci : Media Gambar, Minat Belajar Siswa.