PENGARUH KEPRIBADIAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TARUNA SATRIA PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Kepribadian Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Satria Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh Siswa-siswi kelas X, XI dan XII Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Satria Pekanbaru yang berjumlah 416 siswa dari 19 kelas, penelitian ini menarik sampel sebanyak 15% dari populasi, sehingga didapat sampel sebanyak 62 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah Kepribadian Guru sebagai Variabel bebas ( X ) dan Motivasi belajar siswa sebagai Variabel terikat ( Y ). Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan menggunakan Angket, dan Dokumentasi. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan teknik korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepribadian Guru memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Motivasi belajar siswa. Setelah menganalisis data, penulis menyimpulkan bahwa kepribadian guru Pendidikan Agama Islam adalah sebesar 90,12% atau dalam kategori sangat baik. Sedangkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah sebesar 82,1% atau dalam kategori sangat tinggi. Melalui uji SPSS korelasi Product Moment, hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,816 lebih besar dari pada r tabel pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0,250<0,816>0,325 dengan demikian maka Ha diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada Pengaruh Kepribadian Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Satria Pekanbaru. dari hasil penelitian ini, diharapkan guru selalu memperhatikan kepribadianya untuk dapat memotivasi siswa dalam belajar secara optimal