Daftar Isi:
  • Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu Keaktifan Membaca Buku sebagai variabel X (variabel bebas/independen) dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai variabel Y (variabel terikat/dependen). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada Pengaruh yang signifikan keaktifan membaca buku di perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kampar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan keaktifan membaca buku di perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kampar. Subjek dari penelitian ini adalah siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kampar. Sedangkan objek penelitian ini adalah Pengaruh keaktifan membaca buku di Perpustakaan Sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII, VIII dan IX di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kampar yang berjumlah 995 orang. Untuk sampel dalam penelitian ini difokuskan pada siswa kelas VII yang berjumlah 70 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil bahwa keaktifan membaca buku di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kampar berada pada kategori ‘’Cukup Baik’’, dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kampar berada pada kategori ‘’Baik’’. dan terdapat pengaruh yang signifikan, dengan perolehan indeks korelasi 0,343 dengan nilai probabilitas 0,004. Dari hasil analisis ini dapatlah diambil kesimpulan bahwa Ha ditrima dan Ho ditolak.