PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) DILENGKAPI MEDIA VIDEO TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 14 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 14 Pekanbaru masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran rotating trio exchange dilengkapi media video terhadap prestasi belajar kimia pada pokok bahasan Hidrokarbon. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitiannya pretest-postest control group design. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling sehingga diperoleh 2 kelas sebagai sampel yaitukelas X5 berjumlah (36 siswa) sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran rotating trio exchange dilengkapi media video, dan kelas X4 berjumlah (37 siswa) sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran konvensional. Hasil pengolahan data akhir menggunakan uji t pooled varians sehingga diperoleh nilai thitung = 2,50 sedangkan ttabel= 2,00 dan menunjukkan bahwa thitung> ttabel, maka Ho ditolakdan Ha diterima. Perolehan koefisien pengaruh sebesar 8,1%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaranrotating trio exchange dilengkapi media video dapat memberikan pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kimia pada pokok bahasan Hidrokarbon di kelas X SMA Negeri 14 Pekanbaru. Kata Kunci: Rotating Trio Exchange, Media Video, Prestasi Belajar dan Hidrokarbon