PENGARUH PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 KEPENUHAN KABUPATEN ROKAN HULU
Daftar Isi:
- Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu Profesionalitas Guru sebagai variabel X (variabel bebas/independen) dan Motivasi belajar siswa sebagai variabel Y (variabel terikat/dependen).Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan profesionalitas guru dengan motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kepenuhan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kepenuhan. Subjek dari penelitian ini adalahsiswa-siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kepenuhan.Sedangkan objek penelitian ini adalah motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kepenuhan.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kepenuhan yang berjumlah 47 orang.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil bahwa profesionalitas gurudi Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kepenuhan berada pada kategori “ Sangat Baik”, dan motivasil belajar siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kepenuhan berada pada kategori “ Sangat Baik”. dan terdapat hubungan yang signifikan, dengan perolehan indeks korelasi 0,733 pada taraf signifikan 5% rtabel adalah 0,288% dan pada taraf signifikan1% rtabel 0,372%. Ini berarti bahwa rch lebih Tinggi dari padar table baik padataraf signifikan5% ataupun signifikan1% (0,288< 0,733 > 0,372).Dari hasil analisa ini dapatlah diambil kesimpulan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.